Membuat Aplikasi Radio dengan Visual Basic

Contoh Background Radio DxRoot StreamingAssalamu Alaikum Wr. Wb.

Selamat datang para DxRooters, lama ngga posting-posting.. :D
oke kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat Aplikasi Radio Streaming dengan Visual Basic, biasanya digunakan untuk Komputer / PC / Laptop dan sejenisnya karena lebih mudah format .exe

ada teman yang menanyakan bagaimana caranya membuat aplikasinya, kenapa susah banget, kadang Playernya Error, kadang aplikasinya error, gimana caranya membuat Aplikasi Radio Streaming yang mudah, cepat, dan praktis membuatnya

*** Bila ingin lihat gambarnya lebih jelas, bisa klik gambar tersebut ***

oke langsung saja menuju ke TKP :

  1. Siapkan semua perlengkapan mulai dari laptop / komputer, Software VB ( Visual Basic ) dll yang sekiranya mendukung untuk pembuatan Aplikasi ini entah editing gambar / foto seperti Adobe Photoshop atau Corel terserah yang kalian mau.
  2. Link / Url / alamat Radio Streaming tersebut, Contoh link yang saya gunakan untuk radio saya adalah link-nya Radio Alay => http://alay.myradio.web.id:8888/alay <= kalian bisa gunakan link radio lain seperti IP radio ( http://187.147.70.65:8088 ) atau Domain Host ( http://alay.myradio.web.id:8888/alay )
  3. Kopi hangat / kalau suasana panas enaknya Es Kopi / es Jus :D biar relaxs.
  4. Santai, tidak usah teggang
Cara Pembuatan :
  1. Buka VB ( Visual Basic ) kalian. maka tampilan akan seperti dibawah ini
    Tampilan Awal Visual basic Dxroot Indonesia
  2. Bila Radio streaming kalian ingin menggunakan Background, silahkan edit-edit terlebih dahulu gambar / desain yang ingin kalian gunakan, terserah ukuran, namun jangan besar-besar, saya sarankan kira kira 400 X 400 Pixel. dengan Photoshop / Corel / editing Grafis lainya.
  3. Setelah desain-desain udah selesai, udah disave jadi PNG / JPG. lalu kembali lagi ke VB, cari Properties - Form1 ( di sebelah kanan ), lalu cari Caption, guna Caption adalah memberikan Judul Aplikasi yang kalian buat, terserah nama Aplikasi yang ingin kalian berikan. seperti gambar dibawah ini ( yang saya beri warna Hijau di Properties adalah nama Aplikasi yang jadinya nanti seperti yang saya beri warna Hijau di project )
    Memberikan Judul Aplikasi VB
  4. Setelah selesai memberikan Judul, cari Icon ( masih sama di Properties - Form1 ), kalian perlu gambar yang berformat .ico agar bisa kalian gunakan untuk Icon aplikasi yang kalian buat lalu masukan dengan cara klik tanda ( ... ) di sebelak tulisan icon lalu cari gambar format .ico tadi dan Open. ( yang saya beri warna Hijau di Properties adalah Icon Aplikasi yang jadinya nanti seperti yang saya beri warna Hijau di project )
  5. klik menu Picturebox ( letaknya di menu general ), lalu Drag di area Project, disitu jangan diukur besar kecilnya Bingkai terlebih dahulu, karena nantinya ukurannya ditentukan dengan ukuran gambar kalian tadi.
  6. Lalu lihat di Properties - Picture1 ( sebelah kanan ), disitu klik Picture lalu cari gambar yang sudah kalian edit-edit tadi. lalu Open.
  7. Setelah itu baru kalian Ukur Bingkai sesuai ukuran gambar kalian, di cocokan ukurannya agar tidak terpotong atau terlihat besar bingkainya daripada gambarnya.
  8. Setelah selesai, selanjutnya yaitu memasukan player ke Project tersebut, kali ini dengan Playernya Windows Media Player yang lebih mudah dwngan cara klik di Menu bar Project => Component ( lebih cepatnya tekan tombol keyboard  Ctrl+T ) 
    Menambahkan Component WMP di VB
    lalu cari Windows Media Player. setelah itu di General ( sebelah kiri ) ada Icon Windows Media Player, klik icon tersebut lalu drag di kolom Project, sesuaikan ukuran dengan selera kalian, lalu lihat di Properties ( sebelah kanan ) cari Url 
    Masukan URL Link Radio di VB
    masukan alamat / link radio yang sudah kalian persiapkan tadi di awal. untuk ceck apakah berhasil atau tidak silahkan klik tombol Play di Toolbar ( bawah Menu Bar ). untuk kembalinya ke VB close preview aplikasi tadi,  bila berhasil maka kalian tinggal menyimpannya.
  9. Cara Menyimpanya yaitu dengan klik File => Make Project1.exe  => sesuaikan letak hasil penyimpanan yang lebih mudah untuk kalian cari di kolom Save In. lalu berikan nama Aplikasi kalian di Kolom File Name => OK seperti gambar dibawah ini
    Cara Menyimpan hasil Aplikasi di VB ( Visual Basic )

Silahkan kalian Minum minuman yang sudah kalian buat tadi, biar Fress ... :D

Sekian Tutorial dari kami, semoga bermanfaat Untuk kalian semuanya. semoga para DxRooters bisa kangen dengan Mister DxRoot :D

terima kasih sudah mengunjungi blog sederhana kami
Wassalamu Alaikum Wr. Wb

_________________________________________________________________________
Peringatan :
  1. Berikan Komentar yang Baik dan Sopan.
  2. Tidak boleh mengandung Unsur Pelecehan, SARA, Sesat, Kriminalitas.
  3. Hormatilah Karya orang lain sebagaimana kalian menghormati aturan undang-undang
  4. Peraturan ini akan berubah sewaktu-waktu sesuai keadaan yang ada
_________________________________________________________________________