Tingkatan Hacker

Hacker terdiri dari beberapa jenis atau tingkatan sesuai dengan sifat-sifat / kinerjanya, baik orang ( Hacker ) tersebut sebagai seorang sistem administrator maupun server yang berkeinginan membobol sistem suatu komputer.


berikut ini beberapa tingkatan-tingkatan seorang Hacker beserta kinerjanya :

  1. White Hat ( Topi Putih ) = merupakan hacker yang bekerja sebagai analisis sistem ( System Analisist ), Administrator ( System Admin ) maupun Analisis keamanan ( Security Analisist ). White Hat bekerja dalam sistem dan memiliki kemampuan yang tinggi untuk menjaga sistem agar tetap bekerja dengan baik dan sebagai pelindung suatu situs agar tidak ada yang merusaknya. White Hat biasanya memiliki Sertifikat Kode Etik sebagai Hacker, contoh sertifikatnya yaitu CEH ( Certificate Ethical Hacker ).
  2. Gray Hat ( Topi Abu-abu) = merupakan hacker yang terkadang bekerja sebagai penyerang, terkadang bekerja sebagai Pelindung ( Offensive / Deffensive ). Gray hat merupakan orang yang bekerja melakukan serangan ( Attack ) terhadap system yang juga bekerja untuk membuat pertahanan terhadap suatu sistem.
    Gray Hat memiliki tipe berupa membobol system untuk mendapatkan Bugs ( system yang rusak ) dan celah dari system yang kemudian dipelajari dan ditutup celah tersebut.
  3. Black Hat ( Topi Hitam ) = merupakan hacker yang bekerja sebagai penyerang dan mengambil manfaat suatu system dari targetnya. Black Hat biasa di sebut Hacker yang paling jahat atau Nakal karena merusak sistem atau sering disebut Cracker ( Perusak ).
  4. Suicide Hacker = merupakan hacker yang mirip dengan Black Hat ( yah... seperti saudara ) tetapi Suicide Hacker ini memiliki sifat Destruktif dan tidak memperdulikan ancaman yang akan menimpanya. biasanya Hacker ini tidak memiliki tujuan yang jelas, hanya merusak, mengambil keuntungan, ingin terkenal ( seperti artis ) dan berani melawan hukum.
  5. Lamer = merupakan hacker yang bisa dikatakan masih Newbie ( Pemula ), Lamer memiliki sedikit pengetahuan dan masih menggunakan software bukan buatan sendiri.
  6. Script Kiddie = merupakan hacker yang masih Newbie juga seperti Lamer tetapi sudah bisa membuat Script sendiri.
  7. Develope Kiddie = merupakan hacker yang masih muda, masih sekolah, karena mereka sudah mendapat ilmu hacker dari sekolah-sekolahannya dan dari berkumpul-kumpul bersama orang-orang yang suka Hacking. mereka mencoba belajar sampai berhasil, biasanya masih menggunakan GUI dan belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru dari sistem operasi.
  8. Cracker = merupakan hacker yang biasanya jebol serial number suatu software, jebol password, pencairan dana, perusakan dan lain-lain, biasanya Cracker ini bekerja sama dengan Black Hat, Phreaking, dan Hacker.
  9. Phreaking = merupakan hacker yang biasa membobol jaringan seluller, biasanya untuk mendapatkan jaringan internet seluller gratis, biasanya mencari SSH, Proxy, dan sebagainya bahkan sampai mendapatkan pulsa gratis masuk ke nomor sendiri.
  10. Hacker = merupakan hacker yang biasa dikatakan Elite karena memiliki kemampuan dan pengetahuan yang lebih luas, biasanya sudah menggunakan software buatan sendiri dan mengerti sistem operasi ( termasuk celah / lubang ). kemampuan memrogram cukup untuk mengubah program exsploit. biasanya juga tidak mau dikenal orang atau tidak menampakan dirinya ( Underground )
  11. Hacker Elite = merupakan hacker yang tingkatan paling tertinggi karena sudah Profesional, memiliki ciri berupa mengerti sistem operasi luar maupun dalam, sanggup mengkonfigurasi dan menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrograman, effisien dan terampil, menggunakan pengetahuan secara hati-hati dan tidak merusak ( tertentu ), kadang mengikuti peraturan-peraturan.
Itulah sedikit informasi beberapa tingkatan seorang Hacker.
di mana tingkatan kalian..?? silahkan jawab sendiri :D

Sekian dan terima kasih

_________________________________________________________________________
Peringatan :
  1. Berikan Komentar yang Baik dan Sopan.
  2. Tidak boleh mengandung Unsur Pelecehan, SARA, Sesat, Kriminalitas.
  3. Hormatilah Karya orang lain sebagaimana kalian menghormati aturan undang-undang
  4. Peraturan ini akan berubah sewaktu-waktu sesuai keadaan yang ada
_________________________________________________________________________